get app
inews
Aa
Read Next : Enam Hari Pencarian, Dokter Wisnu Belum Ditemukan Setelah Sampan Dihantam Ombak

Setelah 30 Tahun Menghilang, Ayam Peliharaan Raja Mesir Kuno Firaun Muncul di Danau Timbi Vadodara  

Senin, 03 Januari 2022 | 13:28 WIB
header img
Burung Hering Mesir pada zaman Mesir Kuno disebut ayam dan jadi peliharaan Firaun.(Foto:Ist)

VADODARA, iNews.id  - Pada zaman Firaun hewan jenis ini disebut ayam. Bahkan, penguasa Mesir kuno itu memelihara hewan tersebut. Namun sekarang, hewan itu disebut burung Hering Mesir.

Setelah 30 tahun tak pernah terlihat lagi, burung Hering Mesir muncul lagi di dekat Danau Timbi, Vadodara, Gujarat, India bagian barat. 

Gujarat adalah rumah bagi lebih dari 133 burung Hering Mesir dan populasi terbesar ada di distrik Banaskantha dan Ahmedabad.

Pengamat satwa langka dan mahasiswa zoologis Manonmaniam Sundaranar University, Tanisha Dagur mengatakan, burung Hering Mesir terlihat ketika dia dan rekan-rekannya mengamati migrasi burung pada Desember 2021. 

“Kami sangat senang karena burung ini belum pernah terlihat di dan sekitar Vadodara selama beberapa dekade,” ujar Dagur dilansir dari laman timesofindia (TOI), Senin (3/1/2022). 

Sekilas penampilan Hering Mesir sedikit berbeda dari burung bangkai yang dikenal secara umum. Bulunya berwarna putih bersih dengan wajah kuning cerah. Jika sedang tidak terbang, lebih mirip ayam daripada burung bangkai. 

Dagur mengatakan, kemungkinan burung tersebut sedang menjajaki lokasi-lokasi baru di kawasan Vadodara. Bisa juga sedang beristirahat sejenak sebelum bermigrasi lebih jauh.

“Melihat burung nasar (Hering) Mesir di sini adalah pertanda baik. Burung ini biasanya lebih suka tinggal di tempat yang mudah mencari makanan,” kata Raju Vyas yang pernah melakukan penelitian tentang burung Nasar di Vadodara. 

Hering Mesir (Neophron percnopterus) adalah burung Hering paling kecil di dunia dan ditemukan dari Eropa barat daya dan Afrika bagian utara hingga Asia bagian selatan. Jenis ini satu-satunya yang tersisa dari genus Neophron dan di Asia Selatan spesies ini disebut hering pemakan bangkai.


Penguasa Mesir kuno, Firaun memelihara hewan yang disebut ayam, namun para ahli menyebutnya Burung Hering Mesir.(Foto:Ist)

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut