Logo Network
Network

Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Meningkat, Muntahkan Awan Panas, Warga Diimbau Waspada

Yayan Nugroho
.
Rabu, 05 Januari 2022 | 11:20 WIB
Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Meningkat, Muntahkan Awan Panas, Warga Diimbau Waspada
Aktivitas vulkanik Gunung Semeru kembali meningkat.(Foto:Ist)

LUMAJANG, iNews.id - Beberapa hari terakhir aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, terus meningkat.

Pada Rabu (5/1/2022) Gunung Semeru kembali memuntahkan awan panas guguran dengan jarak luncur mencapai 4.000 meter mengarah ke Besuk Kobokan. 

Petugas mengimbau masyarakat yang berada wilayah kaki Gunung Semeru untuk tetap waspada. Aktivitas vulkanik Gunung Semeru ini terpantau kamera CCTV Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos PGA Semeru. 

Awan panas guguran terpantau mengarah ke sisi tenggara atau jalur lahar Besuk Kobokan dengan jarak luncur mencapai 4 ribu meter. 

Meski tidak berdampak ke permukiman warga dan area Besuk Kobokan telah steril dari aktivitas warga, petugas tetap mengimbu warga yang berada di kaki gunung Semeru tetap selalu waspada. 

Dari data PVMBG Pos PGA Semeru mencatat, sejak awal Januari 2022, Gunung Semeru telah memuntahkan awan panas guguran sebanyak tiga kali dengan jarak luncur 4.000 sampai 5.000 meter.

Meski aktivitas Semeru cenderung meningkat, namun statusnya hingga 5 Januari 2022 masih di level 3 (Siaga). Masyarakat dilarang beraktivitas diradius 13 kilometer dari puncak Semeru dan dilarang beraktivitas di jalur lahar sejauh 17 kilometer.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News

Bagikan Artikel Ini