get app
inews
Aa Read Next : 7 Hari Pencarian Hasil Nihil, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Dokter Wisnu

Perubahan Skema Ekspor Batu Bara Tak Berdampak Pada Kenaikan Tarif Listrik, Ini Kata Menko Marves 

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:47 WIB
header img
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan . (Foto: Dok MPI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan perubahan skema pengadaan batu bara untuk PT PLN (Persero) tidak akan berdampak pada kenaikan tarif listrik

Menurutnya, perubahan skema ekspor batu bara justru membuat efisien. “Ndak ada masalah (kenaikan tarif listrik), malah lebih bagus lebih efisien terbuka dan kita audit,” ujar Luhut saat ditemui MNC Portal Indonesia di Kemenko Marves, Senin (10/1/2022).  

Luhut menambahkan, pemerintah akan melakukan audit atas pengadaan batu bara dan menyesuaikan sejumlah regulasi dengan skema baru yang telah ditetapkan.  

“Kita mulai audit BPKP mengenai banyak yang tidak match semua mmau kita bersihin. Kami perintahkan akan tuntaskan,” kata dia. 

Sementara itu, Luhut menyebut perubahan skema pengadaan batu bara untuk PLN nantinya akan membeli batu bara untuk pasokan pembangkit listrik tenaga uap sesuai dengan harga pasar. 

“Jadi nanti akan ada (dibentuk) BLU, BLU Akan bayar ke PLN, jadi ada selisih harga basis di 70 dolar AS, itu nanti akan dilihat berapa selisihnya yang masuk ke BLU” ucapnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut