Melalui PT CPI, Ratusan PMI Telah Diberangkatkan Bekerja ke Luar Negeri

Edy Irawan
.
Senin, 04 April 2022 | 22:31 WIB
PMI yang telah diberangkatkan bekerja ke Luar Negeri melalui PT CPI. (Foto: frd)

BIMA, iNews.id - Masa pandemi Covid 19 kini berangsur normal. Aktivitas masyarakat diberbagai daerah tidak lagi diperketat. Sejumlah Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), telah mengirim Pekerja Migran Indonesia (PMI) di sejumlah negara tujuan. 

Seperti halnya terjadi di Bima, Nusa Tenggara Barat. puluhan pahlawan devisa asal Bima-NTB telah berhasil dikirim ke luar negeri melalui PJTKI PT Citra Putra Indarab. 

Dari data yang dirangkum, dari ratusan CPMI yang telah teregister di PT CPI, sekitar 60 PMI telah dikirim ke luar negeri sejak pasca pandemi beberapa hari terkahir. Terbanyak PMI yang terbang ke luar negeri yakni pada Minggu (03/3/2022). 

"Sebanyak 58 orang PMI dari berbagai daerah termasuk PMI asal Bima telah berhasil kami terbangkan pada Minggu kemarin. Tentu PMI tersebut telah memiliki visa penempatannya masing-masing," kata Komisaris PT CPI, Fardiansyah, saat berkunjung ke Kantor CPI Cabang Bima, pada Senin (04/4/2022. 

Dijelaskannya, PMI tersebut berhasil diterbangkan di beberapa negara tujuan yang diantaranya, Taiwan, Hongkong dan negara Singapura. 

"Di negara tujuannya, para PMI ini akan diperkerjakan dibagian sektor formal konstruksi dan pabrik. Dan untuk informalnya yakni job kerjanya adalah mengurus panti jompo di Rumah Sakit dan rumah pribadi serta khusus mengurus Rumah Tangga," jelasnya. 

Selain 58 orang yang diterbangkan pada Minggu kemarin, sebelumnya juga PT CPI berhasil mengirim PMI dengan jumlah bervariasi hingga tercatat sekitar 250 orang. Bahkan hingga kini, sejumlah visa penempatan telah datang tinggal menunggu kesiapan dari PMI untuk diberangkatkan menyusul. 

"Ratusan visa penempatan telah kami pegang untuk diberangkatkan lagi. Namun sebagai perusahaan jasa penyalur PMI, sebelum diterbangkan di negara tujuan, akan diberikan pelatihan serta pendidikan yang matang sesuai job masing-masing di PT CPI Pusat di Kota Bekasi," terang Komisaris PT CPI.

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini