get app
inews
Aa
Read Next : Diguyur Hujan dan Disertai Angin, 209 KK di Bima Terdampak Banjir Bandang

Hujan Deras di Lombok Barat, Debit Air Sungai Meninting Meningkat Drastis

Jum'at, 17 Juni 2022 | 21:05 WIB
header img
Akibat Diguyur Hujan Deras, Debit Sungai Meninting Lombok Barat Meningkat. (Foto: hari)

LOMBOK, iNews.id - Hujan lebat yang terjadi dari siang hingga sore hari di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (17/6/2022) membuat debit air Sungai Meninting di Kecamatan Gunungsari, meningkat drastis. 

Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Artha Sudjana mengatakan, peningkatan debit air tersebut disebabkan derasnya hujan yang terjadi di atas pegunungan Desa Bukit Tinggi.

Hal ini menyebabkan peningkatan debit air pada Sungai Meninting hingga aliran sungai yang menyebabkan kecemasan pada warga.

"Kondisi hujan deras ini sempat terjadi luapan air sungai akibat sampah yang dibawa oleh air hingga membuat tersumbatnya pada saluran air. Namun dapat teratasi oleh personel Polsek dan warga hingga membuat aliran sungai kembali lancar,” ujarnya.

Adapun sungai atau kali yang mengalami peningkatan debit air di wilayah Kecamatan Gunungsari antara lain yakni Desa Jatisela, Desa Mambalan, Desa Ranjok, Desa Tamansari, Desa Penimbung, Desa Kekeri, Desa Gunungsari, Desa Mekarsari dan Desa Kekait.

"Untuk sementara situasi wilayah Gunungsari dalam keadaan aman dan kondusif serta debit air pada sungai- sungai aliran dari Sungai Meninting sudah mengalami penyurutan dan sampai saat ini person Polsek masih siaga melihat perkembangan situasi,” terangnya. 

Sementara itu, dikabarkan pula dua unit alat berat excavator yang sedang mengerjakan proyek bendungan tenggelam dan terseret arus sungai. 

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut