MXGP Samota, IMI Pusat Bekali Ratusan Petugas Flag Marshall

Edy Irawan
.
Rabu, 22 Juni 2022 | 19:56 WIB
Ratusan petugas Flag Marshall MXGP Samota mendapat pelatihan dari IMI Pusat. (Foto: wan)

SUMBAWA, iNews.id - Ratusan panitia Flag Marshall pada event dunia MXGP Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti pelatihan dan pembinaan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat pada Rabu (22/6/2022). 

Kegiatan berlangsung di aula Kantor Bupati Sumbawa dan ikuti sekitar 150 orang panitia terpilih yang terdiri dari para anggota klub motor di Pulau Sumbawa, yang sebelumnya telah direkrut oleh IMI NTB. 

Para peserta panitia Flag Marshall, diberikan pelatihan tentang tugas pokok yang harus dilaksanakan pada sirkuit saat para pembalap menempuh race balapan.

"Flag Marshall akan dibekali dua bendera yakni bendera kuning dan bendera medis. Jadi kedua bendera tersebut akan dipergunakan sesuai fungsi masing-masing," kata Koordinator IMI Pusat, Dadang Suryadinata, usai kegiatan berlangsung. 

Selain itu, petugas flag marshall akan menggunakan rompi warna orenge saat bertugas. "Nanti akan ditempatkan pada 36 titik di sirkuit MXGP Samota Sumbawa,"tuturnya. 

Pelatihan bagi petugas flag marshell dimulai dari pukul 15.00 wita hingga 17.00 wita. Semua panitia dapat dengan jelas menangkap tata cara kerja sesuai tupoksi yang akan dilaksanakan nantinya pada tanggal 24-26 Juni. 

Diakhir materinya, Dadang menjelaskan beberapa hal penting yang diantaranya, petugas marshall harus erada di posisi yang tepat, tetap fokus di tempat area bertugas, tetap menjaga keamanan pada saat bertugas atau pada saat memberikan pertolongan. 

Selain itu, Marshall tetap berada di tempat bertugas kecuali diganti atau reposisi, mencatat semua pelanggaran dan melaporkannya, dan juga memiliki tugas untuk memberikan intruksi kepada pembalap yg sednag berlomba jika ada pembalap lain yang sedang mengalami kecelakaan atau gangguan. 

 

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini