get app
inews
Aa Read Next : Ambil Bagian di Festival Rimpu Mantika, Imigrasi Bima Beri Door Prize pada Warga yang Beruntung

Arkeolog Temukan Bidak Catur Peninggalan Islam Abad ke-7 di Kota Tertua Tonsberg 

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:45 WIB
header img
Para arkeolog menemukan bidak catur ksatria yang didesain menurut tradisi Islam dimana tidak ada sosok manusia digambarkan. (Foto:SCI)

Haugesten menerangkan, tidak ada temuan arkeologis sebelumnya dari Tonsberg yang memiliki detail seperti itu. Temuan tersebut menekankan bahwa bidak catur ini adalah objek yang unik.

“Permainan catur diambil di dunia Arab setelah penaklukan Persia pada abad ke-7 M, dan diperkenalkan ke Spanyol pada abad ke-10 oleh bangsa Moor,” katanya.

Kemudian catur menyebar dari Spanyol ke utara dan Skandinavia. “Penemuan tertua di wilayah Nordik berasal dari Lund, Swedia, berasal dari paruh terakhir abad ke-12. Potongan itu mirip dengan temuan dari Tonsberg,” katanya. 

Menurut tim arkeolog, bidak catur yang ditemukan di Tonsberg adalah kuda atau sekarang dikenal sebagai ksatria. Di Norwegia, beberapa bidak catur dari Abad Pertengahan telah ditemukan. Paling banyak ditemukan adalah bidak ksatria serupa. 

Misalnya, di Bergen, lebih dari 1.000 bidak catur telah ditemukan. Dari jumlah tersebut, ada beberapa bidak catur tetapi hanya 6 ksatria abstrak. 

“Bidak yang ditemukan ini bentuknya mirip dengan potongan dari Tonsberg, tetapi ukuran potongannya bervariasi,” katanya.


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut