get app
inews
Aa Read Next : Menlu Rusia Curiga AS di Balik Pemberontakan Tentara Bayaran Wagner, Ini Penjelasannya

Militer Rusia Bungkam Soal Tentara Bayaran Wagner di Suriah saat Pemberontakan

Jum'at, 07 Juli 2023 | 22:30 WIB
header img
Ilustrasi Pemerintah Suriah dan militer Rusia langsung bertindak saat terjadi pemberontakan tentara bayaran Wagner Group (Foto: Reuters)

BEIRUT, iNews.id - Ketegangan tak hanya terjadi di Rusia saat tentara bayaran Wagner Group memberontak pada 24 Juni lalu. Suriah, negara yang juga menjadi wilayah operasi Wagner, meningkatkan kewaspadaan.

Seperti diketahui, bos Wagner Yevgeny Prigozhin mengerahkan pasukannya bersama kendaraan tempur ke Moskow untuk menggulingkan kepemimpinan militer. Namun dia menarik kembali pasukan 200 km menjelang Moskow karena membatalkan pemberontakan.

Sementara itu di Suriah, komandan militer Rusia melakukan antisipasi cepat terhadap pasukan Wagner agar pemberontakan tak menyebar ke negara itu. Rusia merupakan sekutu rezim Presiden Bashar Al Assad yang membantu perang melawan pemberontak.

Beberapa sumber yang mengetahui permasalahan ini, termasuk pejabat militer Suriah, mengatakan kepada Reuters, tindakan yang diambil adalah memblokir sambungan telepon serta memanggil belasan komandan Wagner ke pangkalan militer Rusia.

Langkah-langkah tersebut menunjukkan, otoritas Suriah bergerak cepat untuk membuat personel Wagner tunduk pada pemegang kendali militer Rusia di Suriah.

Pemerinah Suriah juga belum secara terbuka mengomentari pemberontakan Wagner. Namun, pejabat senior militer dan intelijen Suriah secara pribadi menyuarakan keprihatinan. Mereka khawatir pemberontakan itu memengaruhi kehadiran militer Rusia di Suriah.

Saat ini Wagner menempatkan sekitar 250 sampai 450 personel di Suriah. Jumlah itu sekitar 10 persen dari total perkiraan kekuatan militer Rusia di Suriah.

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut