get app
inews
Aa Read Next : 5 Artis yang Berada di Jepang saat Gempa Tahun Baru, Nomor 4 Lagi Antre Bermain

Motor Unik Ini Terbuat dari Kayu dan Cuma Ada di Kongo

Minggu, 23 Juli 2023 | 20:27 WIB
header img
Chukudu, motor dari kayu yang hanya ada di Kongo. (Foto: Youtube @koncononton)

JAKARTA, iNews.idAlat transportasi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang di seluruh dunia. Ini akan mempermudah kegiatan mereka sehari-hari, baik untuk mobilitas pribadi maupun penunjang bisnis sebagai kendaraan niaga.

Namun, untuk memiliki sebuah kendaraan memerlukan biaya yang cukup besar, di mana tidak semua orang dapat memilikinya. Ini yang terjadi pada masyarakat di Republik Kongo, yang dikenal dengan kesulitan ekonominya.

Sebagai gantinya, mereka membuat kendaraan roda dua mirip skuter dari kayu yang dirakit menjadi satu kesatuan. Kendaraan tersebut sepenuhnya menggunakan tenaga manusia karena tidak memiliki mesin sebagai penggeraknya.

Keunikan tersebut dapat dilihat dalam video yang dibagikan oleh akun @koncononton. di YouTube. Video itu memperlihatkan orang-orang di Kongo menggunakan kendaraan roda dua dari kayu itu untuk mengangkut barang.

Melansir Global Press Journal, kendaraan roda dua mirip skuter itu dinamakan Chukudu yang memiliki panjang hampir 2 meter. Sementara untuk bobot yang bisa dibawa mencapai 435 kilogram.

Untuk ongkos pembuatan Chukudu, rata-rata masyarakat Kongo mengeluarkan uang 100 dolar AS atau setara Rp1.4 jutaan. Harga ini cukup tinggi karena bahan bakunya juga perlu ditebus dengan nilai yang cukup besar.

Masyarakat Kongo tidak sembarangan dalam membuat Chukudu, meski bentuknya terlihat sangat sederhana. Kendaraan roda dua ini menggunakan suspensi untuk memberikan kenyamanan bagi pengendaranya, walaupun cara mengendarainya dengan berdiri.

Untuk rodanya memang menggunakan dari yang dibentuk membulat, tapi dilapisi dengan ban bekas yang dibentuk menyesuaikan bentuk roda. Uniknya, Chukudu memiliki stang yang sangat lebar, dan pastinya terbuat dari kayu yang dipahat menyerupai tanduk sapi.

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut