get app
inews
Aa Read Next : Kagumi Bawah Laut Sorinehe Kota Bima, Kapolres Bima: Mari Bersama Menjaga Ekosistem Laut

Statistik Jumlah Penumpang Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Bima Meningkat 89 Persen

Selasa, 09 April 2024 | 20:09 WIB
header img
Suasana arus mudik lebaran di Pelabuhan Bima, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Heru)

BIMA, iNews.id - Arus mudik lebaran 2024 jalur transportasi laut, melonjak di Pelabuhan Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berdasarkan data Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bima, hingga H-1 lebaran total kumulatif tercatat sebanyak 5637 orang.

Jumlah tersebut terhitung sejak H-15. Lonjakan arus mudik di Pelabuhan Bima berdasarkan jadwal kedatangan kapal terjadi pada H-6 dan terakhir H-3.

"Total kumulatif H-6 sebanyak 1648 orang. Sedang kedatangan terakhir kapal pada H-3 sebanyak 1871 orang. Sementara H-2 dan H-1 jadwal kapal yang bersandar di Pelabuhan Bima kosong," kata Kepala KSOP Kelas IV Bima, M Junaidi, pada Selasa (09/4/2024).

Berdasarkan statistik perbandingan jumlah penumpang tahun arus mudik, tahun 2024 meningkat 89 persen jika dibanding tahun 2023 yang hanya 2985 orang.

"Jumlah penumpang tahun 2023 pun lebih tinggi lagi tahun 2022 yang mencapai 5931 orang penumpang," jelas M Junaidi.

Sementara itu, pada momen arus mudik maupun arus balik lebaran, Pelabuhan Bima telah jauh hari mempersiapkan posko pengamanan.

"Posko ini, selain sebagai tempat pengaduan bagi penumpang, juga akan memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang tiba di Pelabuhan Bima," pungkasnya.

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut