get app
inews
Aa
Read Next : Diguyur Hujan dan Disertai Angin, 209 KK di Bima Terdampak Banjir Bandang

Banjir Bandang di Wonosobo Telan Korban 1 Warga Meninggal, Imbas Embung Kalibawang Jebol

Minggu, 27 Maret 2022 | 11:32 WIB
header img
Banjir bandang terjang Wonosobo.(Foto:Ist)

WONOSOBO, iNews.id - Peristiwa banjir bandang terjadi di Wonosobo, tepatnya di Kecamatan Kalibawang pada Sabtu (26/3/2022). Akibat kejadian itu, satu orang dikabarlan tewas. 

Korban bernama Sundiyah (53) warga Dusun Pucung Gajih, Desa Kalikarung, Kecamatan Kalibawang.

Banjir bandang terjadi sesudah sumbangan genangan air embung di Desa Karangsambung, Kecamatan Kalibawang jebol. Jebolnya embung tersebut karena terjadi longsor pada 14 Maret 2022 lalu.

Sehingga terjadi genangan seluas sekitar 3 hektare dengan ketinggian air antara 3 - 9 meter. Genangan air berada di atas Desa Karangsambung.  

BPBD Kabupaten Wonosobo bersama TNI, Polri, DPU, Perhutani, Pemdes Karangsambung, Kecamatan Kalibawang dan relawan menggelar rapat untuk penanganan genangan air. 

Dalam rapat disepakati penanganan dilakukan dengan menyedot air dengan pompa air. Penyedotan dilakukan pada Sabtu (26/3/2022). Ketika petugas gabungan sedang melakukan penyedotan untuk mengurangi debit air, tiba-tiba air surut dengan cepat. Ternyata sumbatan jebol dan terjadi banjir bandang. 

Ketika banjir bandang terjadi, sejumlah warga yang berada di sawah melihat kejadian tersebut dan langsung memperingatkan warga di beberapa desa.  

"Bendungannya jebol dan terjadi banjir bandang. Banjir menggenangi sawah warga dan ada satu orang meninggal," kata salah seorang warga, Yadi.  

Banjir bandang juga mengakibatkan ratusan hektare sawah di Desa Kalikarung rusak. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut