Logo Network
Network

Ini Tips Agar Solat Tarawih Khusyu Tanpa Ngantuk Setelah Berbuka Puasa

Kevi Laras
.
Selasa, 05 April 2022 | 10:39 WIB
Ini Tips Agar Solat Tarawih Khusyu Tanpa Ngantuk Setelah Berbuka Puasa
Umat Islam melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Foto: Sindonews

Setelah itu, insulin akan memberi sinyal pada otak untuk menghasilkan serotonin alias hormon tidur. Hal inilah yang menyebabkan rasa kantuk timbul dan mungkin saja tidak tertahankan. Alhasil, ibadah lainnya, termasuk tarawih, jadi terganggu.

Maka, agar hal itu tak terjadi, pola makan saat berbuka wajib diperhatikan. Makanlah secukupnya saja. Lalu, untuk membuat tubuh tak merespon serangat kantuk, ada baiknya Anda mandi, apalagi setelah beraktivitas seharian.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah, setelah makan jangan bermalas-malas atau bersantai. Tetaplah buat tubuh bergerak, karena dengan begitu rasa kantuk akan menjauh.

Terkait asupan makanan, lebih lanjut dr. Yohan menerangkan, ketika berbuka puasa kontrollah santapan Anda. Minuman manis seperti es teh, es buah atau sirup hingga boba mampu meningkatkan rasa keinginan untuk terus meminumnya (brain reward). Apabila dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang dapat mengganggu kuman baik (mikrobiota) dalam usus.

"Minuman manis dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobiota (kuman baik) di usus dan risiko kesehatan lain," katanya. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini