Dikes Kabupaten Bima OPD Terbaik Soal Absensi Elektronik, Sekda: Tingkat Kehadiran Capai 95 Persen

Yasin Arfan
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:04 WIB
Sekda Kabupaten Bima, Muhammad Taufik HAK saat memimpin apel pagi di Dinkes. (Foto/ Yasin)

BIMA, iNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Taufik HAK mengapresiasi Dinas Kesehatan (Dikes) sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik soal absensi elektronik.

Hal tersebut diutarakan Sekda saat memimpin apel pagi pada jajaran Dikes Kabupaten Bima Selasa (01/8/2022). 

Lewat kesempatan itu, Taufik memberikan apresiasi atas tingginya tingkat kehadiran (presensi) elektronik jajaran Dinas Kesehatan yang mencapai lebih dari 95 persen.

“Ini berarti penerapan daftar hadir elektronik memiliki pengaruh terhadap peningkatan disiplin yang secara sistem bersifat memaksa setiap ASN untuk hadir tepat waktu," ungkapnya.

Di hadapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Fachrurahman, para Kepala Bidang, Kepala Seksi, Pejabat Fungsional dan Staf instansi tersebut, Sekda memaparkan, dalam pelaksanaan tugas pemerintahan ada tiga prioritas sebagai acuan pelaksanaan tugas yaitu penyederhanaan birokrasi, manajemen kepegawaian dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan.

Penyederhanaan birokrasi harus memperhatikan kelembagaan yang terkait kondisi dan mengacu kepada potensi dan sumberdaya yang ada di daerah. 

Karena itu, pelayanan publik harus sungguh-sungguh, dimana perlu ada umpan balik dan kerjasama pada semua lini supaya ada hasil (output) dan benefit yang bagus.

"Aspek berikutnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah manajemen kepegawaian. Aspek ini menyangkut kemampuan jajaran Dikes memahami prosedur kepegawaian, mengelola sesuai visi, misi, target dan dituangkan dalam sistem perencanaan, penganggaran dan evaluasi program," terangnya.

Menutup arahannya dalam apel pagi tersebut, Sekda H.M. Taufik HAK menekankan pentingnya transparansi dalam pelaksanaan tugas kedinasan dan membangun komunikasi melalui konsultasi dan koordinasi yang baik antara atasan dengan bawahan agar visi dan misi dapat diwujudkan.

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini