Ilmuwan Muslim Ismail Al-Jazari Penemu Robot Pertama di Dunia, Bukan Orang Eropa atau Amerika

Tangguh Yudha
.
Selasa, 08 November 2022 | 16:06 WIB
Ismail Al-Jazari adalah seorang ilmuwan muslim punya peran dalam pengembangan teknologi modern.Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Tidak banyak yang tahu sosok Ismail Al-Jazari. Yah, namanya terdengar asing di telinga kita. Namun, tahukah kamu bahwa Ismail Al-Jazari adalah seorang ilmuwan muslim punya peran dalam pengembangan teknologi modern.

Ismail Al-Jazari mempunyai peran penting di industri robotika. Dia dikenal sebagai salah satu penemu robot pertama di dunia. 

Dikutip dari situs Robot Shop, Ismail Al-Jazari adalah seorang polymath kelahiran 1136. Dia lahir di Cizre (Turki) pada masa keemasan Islam. 

Penemu, seniman sekaligus matematikawan ini pernah menjabat sebagai kepala Insinyur Istana Artuklu. Dilansir dari Sindonews, dia pernah menulis buku berjudul The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices, di mana berisi berbagai penemuan yang dibuatnya.  

Sejumlah temuannya menampilkan mekanisme revolusioner. Dengan salah satu skemanya, dia berhasil membuat benda yang dianggap sebagai salah satu automata dan robot pertama di dunia.  

Mark E. Rosheim mengatakan dampak yang diberikan Ismail terhadap dunia robotika sangat vital. Dikutip dari Iowa State University Library, Ismail tidak hanya dikenal sebagai bapak robotik. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini