get app
inews
Aa Read Next : 7 Hari Pencarian Hasil Nihil, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Dokter Wisnu

Ilmuwan Muslim Ismail Al-Jazari Penemu Robot Pertama di Dunia, Bukan Orang Eropa atau Amerika

Selasa, 08 November 2022 | 16:06 WIB
header img
Ismail Al-Jazari adalah seorang ilmuwan muslim punya peran dalam pengembangan teknologi modern.Foto: Ist

Dengan sekitar 50 penemuan mekanismenya, dia juga kerap disebut bapak teknik modern. Beberapa penemuan yang disebutkan di bukunya mencakup mekanisme poros engkol, batang penghubung, robot humanoid, mesin piston reciprocating, pompa hisap, roda gigi segmental, dan jam mekanis pertama. 

Menginspirasi Leonardo da Vinci Sangat sedikit yang tahu sebenarnya Da Vinci sangat terinspirasi oleh karya dan penemuan Al-Jazari. 

Dikutip dari Europeana.eu, pengaruh ilmuwan muslim pada Leonardo secara umum dapat dilihat baik secara implisit maupun eksplisit di seluruh buku catatannya. 

Studinya tentang proporsi geometris ternyata diinformasikan Tsabit ibn Qurra, karyanya tentang optik oleh Ibn Al Haytham (Alhazen) dan matematika oleh Al Kindi. 

Bahkan, da Vinci merujuk pada Ibnu Sina (Avicenna) pada beberapa kesempatan dalam penyelidikan anatominya. Orang-orang dapat menemukan coretan di salah satu folionya. Leonardo mencari perlindungan dari penguasa Muslim, seperti Sultan Ottoman (Bajazid II). 

Dia mengajukan petisi kepadanya dengan usulan beberapa desain yang cerdik, salah satunya adalah jembatan fantastis yang akan menghubungkan Eropa dan Asia, yang sekarang dikenal sebagai Jembatan Galata di Turki. 

Apresiasinya terhadap inovasi ilmiah Muslim, bersama dengan ketertarikannya yang tak henti-hentinya pada desain mekanis berarti bahwa ia pasti sudah akrab dengan karya kanon agung para penemu dan insinyur Muslim.

Oleh karena itu, bukanlah suatu lompatan besar untuk menganggap Leonardo tercengang dan terilhami oleh pemikiran-pemikiran dari Al-Jaziri.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut