get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Vs Curacao Laga Kedua FIFA Matchday: Timnas Garuda Target Menang Lagi, Ogah Kecolongan

Rekor Tandang Buruk, Shin Tae-yong Ingatkan Pemain Timnas Indonesia Jangan Ceroboh!

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:20 WIB
header img
Skuad Timnas Indonesia waspada terhadap Timnas Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020

KALLANG, iNews.id  - Leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020 Timnas Indonesia kontra Singapura dihelat di National Stadium, Kallang, Singapura, malam ini. Sedangkan leg kedua Indonesia vs Singapura digelar Sabtu (25/12/2021) di tempat yang sama. 

Skuad Garuda harus mewaspadai kutukan saat menjadi tim tamu pada babak gugur di turnamen ini. Artinya, Singapura secara teknis akan dua kali menjadi tuan rumah. Seluruh pertandingan Piala AFF 2020 memang dilangsungkan di Singapura. 

Indonesia sejatinya mencatat prestasi cukup bagus. Selama penyisihan Grup B yang bertempat di Bishan Stadium, Indonesia belum terkalahkan dengan mencatat dua menang dan satu imbang. Tim Merah Putih melibas Kamboja (4-2), Laos (5-1) dan menahan Vietnam (0-0). Sedangkan saat bentrok Malaysia di National Stadium, tim asuhan Shin Tae-yong menang 4-1. 

Namun, catatan itu belum tentu berlaku di fase gugur yang memakai sistem dua leg. Soalnya, Indonesia jarang menang ketika berstatus tim tamu atau tampil di luar kandang. Acuannya adalah catatan pada 2016, 2010, 2008 dan 2004. 

Dari empat edisi itu Indonesia hanya sekali menang ketika menjadi tim tamu di babak gugur Piala AFF. Pada Piala AFF 2016, Indonesia menembus semifinal dan bertemu Vietnam. Saat leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, bisa menang 2-1. 

Tapi, kala tandang ke My Dinh National Stadium, Hanoi, imbang 2-2. Waktu final kontra Thailand, Indonesia juga menang 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor. Namun, ketika sowan ke Rajamangala Stadium, Bangkok, malah kalah 0-2 dan akhirnya gagal juara. Hal serupa terjadi di babak gugur Piala AFF 2010. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut