get app
inews
Aa Read Next : Kisah Heroik Laksamana Cheng Ho Hancurkan Armada Bajak Laut Pimpinan Chen Zuyi di Palembang

Matahari Buatan China 5 Kali Lebih Panas dari Aslinya, Rekor Dunia Terpecahkan

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:48 WIB
header img
Matahari buatan China 5 kali lebih panas dari aslinya, berhasil pecahkan rekor dunia.(Foto:Ist)

BEIJING, iNews.id - Matahari buatan China memecahkan rekor dunia baru usai memanaskan satu putaran plasma. Selama lebih dari 17 menit, suhu yang dihasilkan lima kali lebih panas dari Matahari. 

Reaktor fusi nuklik Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) mempertahankan suhu 158 juta derajat Fahrenheit selama 1.056 detik. Pencapaian ini membawa para ilmuwan selangkah lebih dekat untuk menciptakann sumber energi bersih yang hampir tak terbatas. 

Selama 1.056 Detik Reakor fusi nuklik eksperimental China memecahkan rekor sebelumnya, yang dibuat oleh Tore Supra tokamak Prancis pada 2003. 

Plasma dama lingkarangan melingkar tetap pada suhu yang sama selama 390 detik.  EAST sebelumnya mencetak rekor lain pada Mei 2021 dengan berlari selama 101 detik pada 216 juta F. Inti Matahari sebenarnya mencapai sekitar 27 juta Fahrenheit, sebagaimana dikutip dari Live Science.  

"Operasi baru-baru ini meletakkan dasar ilmiah dan eksperimental yang kuat untuk menjalankan reaktor fusi," kata pemimpin eksperimen Gong Xianzu, seorang peneliti di Institut Fisika Plasma dari Akademi Ilmu Pengetahuan China dalam sebuah pernyataan. 

Para ilmuwan telah mencoba memanfaatkan kekuatan fusi nuklir - proses di mana bintang-bintang terbakar - selama lebih dari 70 tahun. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut