get app
inews
Aa Read Next : Matahari Buatan China 5 Kali Lebih Panas dari Aslinya, Rekor Dunia Terpecahkan

Kisah Heroik Laksamana Cheng Ho Hancurkan Armada Bajak Laut Pimpinan Chen Zuyi di Palembang

Selasa, 15 Februari 2022 | 13:28 WIB
header img
Laksamana Cheng Ho.(Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Laksamana Cheng Ho merupakan penjelajah terkenal asal China yang beberapa kali singgah di sejumlah wilayah Nusantara pada periode 1405 hingga 1433 Masehi. Jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho, utusan Kaisar China yang beragama Islam ini hingga kini masih ada. 

Di antaranya Kelenteng Sam Poo Koong di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan bentuk penghargaan atas kedatangan Laksamana Cheng Ho. 

Rombongan Laksamana Cheng Ho sempat mampir di ke pesisir Pulau Jawa, yakni Sunda Kelapa, Cirebon, Semarang, Demak, Lasem Rembang, Tuban, Gresik, hingga Surabaya.

Dari Pelabuhan Ujung Galuh Surabaya, Cheng Ho berlayar menyusuri Kali Brantas menuju Trowulan Mojokerto, ibu kota Majapahit. Klenteng Sam Poo Kong di Semarang bentuk penghargaan kepada Laksamana Cheng Ho. 

Laksamana Cheng Ho pada 1406 menginjakkan kaki di ibu kota Wilwatikta setahun setelah angkat jangkar dari Suzhou, Tiongkok. 

Perjalannya sempat singgah di Champa, Ayutthaya, dan Malaka. Disebutkan Laksamana Cheng Ho memimpin rombongan muhibah yang terdiri 307 kapal yang membawa sekitar 27.000 pelaut. 

Kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho dikupas dalam buku "Laksamana Cheng Ho- Kisah Ekspedisi Tionghoa Muslim "dan buku "Laksamana Cheng Ho: Jejak Damai Penjelajah Dunia". 

Disebutkan Laksamana Cheng Ho sudah tujuh kali mengunjungi Nusantara. Perjalanannya rombongan Laksamana Cheng Ho selama 28 tahun di Asia dan Afrika terkadang mendapat rintangan sehingga terpaksa harus berperang. Seperti saat melintas di perairan Sumatera harus melawan bajak laut. 


Laksamana Cheng Ho.(Foto:Istimewa)

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut