get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Wuhan China, Rusia Temukan Bahan Pembuat Covid-19 di Ukraina, Ini Respons Amerika Serikat

Meski Tren Kasus Aktif Naik, Satgas Sebut 96 Persen Pasien Omicron di Wisma Atlet Sembuh 

Rabu, 26 Januari 2022 | 11:03 WIB
header img
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan, mayoritas orang yang positif Omicron sudah kembali sehat. Hal ini terlihat dari persentase kesembuhan yang terlihat di RSDC Wisma Atlet maupun rumah sakit lainnya.  

“Di RSDC Wisma Atlet dari 745 orang yang teridentifikasi positif Omicron, 96 persen atau 717 orang sudah sembuh. Sementara 20 orang masih dalam perawatan. Sementara 689 atau 88 persen orang positif yang dirawat di rumah sakit sudah sembuh. Dan 88 orang lainnya masih dalam perawatan,” kata Wiku dikutip dari siaran Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (26/1/2022). 

Lebih lanjut Wiku mengatakan, tren kasus aktif di Indonesia mengalami kenaikan sejak varian Omicron terdeteksi. Namun, diketahui sejak 17 Januari, terlihat bahwa rasio hospitalisasi menurun setelah terbit edaran agar pasien tanpa gejala dan gejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri.

Meski demikian, kata Wiku, pemerintah tetap menyiapkan ketersediaan tempat tidur atau bed di rumah sakit. Tercatat, sudah ada 80.000 bed yang dipasok oleh Kemenkes. 

“Walau begitu, pemerintah tetap waspada dan berhati-hati dengan melakukan langkah antisipasi penyediaan bed. Menurut data kemenkes secara nasional telah dipasok sebanyak 80.000 bed. Per tanggal 23 Januari 2022 kapasitas bed yang tersedia untuk  layanan isolasi ialah sebesar 93 persen, dan layanan intensif yaitu 97 persen," ungkap dia.  

Selain ketersediaan tempat tidur, Wiku juga mengatakan bahwa pemerintah telah memasok obat-obatan, serta alat kesehatan lainnya yang diperlukan untuk perawatan pasien positif. Hal ini sebagai satu kesatuan upaya antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan rawat inap.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut