get app
inews
Aa Read Next : Satu Bulan Diburu Polsek Monta, Pelaku Penganiayaan Ini Ditangkap di Dompu

Perkuat Pengawasan Keimigrasian Orang Asing, Imigrasi Bima Laksanakan Operasi JAGRATARA

Jum'at, 29 Desember 2023 | 23:00 WIB
header img
Imigrasi Bima saat menggelar operasi di Pelabuhan Bima. (Foto: Humas Imigrasi)

BIMA, iNews.id - Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar operasi “JAGRATARA” yang dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu (27/12/2023) dan Kamis (28/12/2023). 

Operasi tersebut dalam rangka rangkaian pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) serta Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Kegiatan yang dimaksud berdasarkan surat Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI.5-GR.03.06-538 tentang Pelaksanaan Operasi JAGRATARA pengawasan orang asing secara serentak dengan kendali pusat di seluruh wilayah Indonesia tahun 2023. 

Dalam operasi itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Kanwil Kemenkumham NTB, Muhammad Usman sebagai penanggung jawab kegiatan. Kasubsi TI-Inteldakim, Lalu Rijal Pebriyadi dan Kaur TU, Suhardin sebagai Koordinator operasi.

"Operasi hari pertama, anggota menelusuri beberapa hotel dan penginapan di wilayah Kota Bima, dimana orang asing sering menginap di tempat tersebut. Kemudian pada hari kedua, berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bima dan berkeliling di area pelabuhan Bima," jelas Kakanim M Usman, saat memberikan keterangan pada Jumat (29/12/2023).

Seluruh anggota operasi JAGRATARA, melakukan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian dan izin tinggal terhadap orang asing guna memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing yang dimaksud. 

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut