get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Banjir Rob akibat Bulan Perigee Berpotensi Terjadi hingga 2 Desember

7 Kota dengan Jumlah Janda Muda Terbanyak di Indonesia: Semuanya dari Pulau Jawa 

Selasa, 08 Februari 2022 | 10:13 WIB
header img
Ilustrasi perceraian.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Tingginya kasus perceraian di usia muda menyebabkan jumlah janda muda di sejumlah kota di Indonesia meningkat pesat. 

Ada 7 kota dengan jumlah janda muda terbanyak. Kasus perceraian di masing-masing kota didominiasi oleh pasangan yang sangat muda, yaitu di bawah 30 tahun. 

Faktor yang mendasari kasus perceraian ini bermacam-macam, salah satunya adalah ekonomi. Berikut daftar kota di Indonesia dengan jumlah janda muda terbanyak seperti dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Serang (Banten) 

Kota di Indonesia pertama dengan jumlah janda terbanyak adalah Serang, Banten. Kasus perceraian di Serang begitu tinggi di sepanjang 2020. Ada lebih dari 3.000 wanita yang menyandang status janda di tahun tersebut berdasarkan data Pengadilan Agama Serang. Adapun perceraian didominasi pasangan usia 30 hingga 35 tahun. 

2. Lamongan (Jawa Timur) 

Pada rentang waktu Januari hingga Juni 2021 saja, Lamongan, Jawa Timur terdapat 1587 pengajuan perceraian. Kasus gugatan cerai oleh istri jauh lebih banyak ketimbang cerai talak oleh suami. 

3. Banyuwangi (Jawa Timur)

Dalam jangka waktu beberapa bulan di 2021, Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi, Jawa Timur mencatat ada ribuan kasus perceraian yakni sebanyak 4.027 perkara. Setiap bulannya, PA Banyuwangi menerima ratusan kasus yang didominasi cerai gugat. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut