get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Eksekusi Lahan Kawasan Wisata di Lombok Ditunda

Tokoh Mbojo di Pulau Lombok Sepakat Deklarasi Arsyad Ghani Jadi Balon Cawagub NTB

Jum'at, 24 Mei 2024 | 01:35 WIB
header img
Para tokoh Bima di Lombok deklarasi dukung Arsyad Ghani jadi Balon Cawagub NTB. (Foto: Zakir)

MATARAM, iNews.id - Tokoh Mbojo (Bima) deklarasi dorong Arsyad Ghani yang merupakan putra asal Bima menjadi kandidat bakal calon (Balon) Wakil Gubernur NTB

Dorongan tersebut diungkapkan oleh sejumlah politisi, akademisi dan tokoh budaya bima yang tergabung dalam forum masyarakat Mbojo di salah satu rumah makan di Ampenan Kota Mataram, juma'at (23/06/2924). 

Pakar komunikasi politik UIN Mataram Prof. Kadri, menjabarkan sosok Arsyad Ghani merupakan tokoh Muhammadiyah yang memiliki pengabdian panjang disemua lini sosial masyarakat, dari dunia pendidikan, sosial, budaya dan ormas Muhamadiyah.

"Tokoh yang bisa menjadi representasi orang Mbojo adalah pak Arsyad Ghani" terang Prof. Kadri 

Secara akademis, lanjut Kadri, Arsyad Ghani merupakan mantan rektor Muhamadiyah yang membangun pendidikan secara luas di NTB, dan memiliki investasi sosial baik mahasiswa, dosen-dosen dan jaringan pendidikan dibawah naungan muhamadiyah.

"Dia adalah sosok yang komplit untuk secara akdemis, politik dan sosial sehingga sangat berpeluang besar menjadi pemimpin di NTB" ungkap Kadri dan juga sebagai tim penyelaras NTB era TGB waktu itu. 

Sementara pakar komunikasi budaya UIN Mataram Prof. Wahid, juga mengapresiasi atas lahirnya dukungan para tokoh Bima di Mataram dan Lombok untuk Arsyad Ghani. Wahid mengibaratkan, Arsyad Ghani dan Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri adalah dua sosok yang dapat dijual secara luas.

"Keberhasilan itu hadir ketika ada kemelut, maka kita ciptakan goal (ibarat dalam permainan sepak bola) dalam politik itu ditengah kemelut," kata Prof Wahid.

Wahid mengajak para rokoh Bima untuk urunan guna menyelesaikan soal logistik politik agar semua berjalan lancar disetiap proses hingga tahapan nantinya.  

"Voter masyarakat Mbojo ini mejadi kekuatan utama dalam memenangkan kontestasi Pilkada. Sebab di Pulau Lombok hampir 500 ribu pemilih adalah suku mbojo. Jadi kita harus percaya diri," sambung Rayhan Anwar,, anggota DPRD Provinsi NTB asal Bima. 

Raihan menuturkan, jika belajar dari pengalaman pasangan Akhyar- Mori pada Pilkada lalu, mereka menang di Pulau Sumbawa, sehingga yakin jika digandengkan Mbojo dengan kandidat dari pulau Lombok maka dipastikan akan mampu meraih kemenangan.

"Kita tampilkan tokoh Arsyad Ghani Ini pasti akan solid dan menang di Pulau Sumbawa," ucap Rayhan.

Ditempat terpisah, Arsya Ghani yang di konfirmasi media ini, masih menunggu perkembangan politik di Nusa Tenggara Barat, dan tanggapan dari semua tokoh dan masyarakat Bima terkait apapun yang menjadi keputusan dirinya masih wait and see. 

"Saya masih menunggu restu masyarakat Mbojo, tokoh masyarakat di NTB, dan survey nantinya," jawabnya singkat.

Editor : Edy Irawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut