get app
inews
Aa Read Next : Jatuh Dalam Sumur 15 Meter, Wanita Lansia Ini Ditemukan Meninggal

Fud Syaifuddin - Aheruddin Tertinggi Elektabilitas di Pilkada KSB Hasil Survei PRC

Jum'at, 19 Juli 2024 | 11:05 WIB
header img
Calon Bupati dan Wakil Bupati KSB pasangan Fud Syaifuddin dan Aheruddi (Foto: Zakir)

MATARAM, iNews.id - Politika Research dan Consulting (PRC) Merilis hasil survei Elektablitas Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada periode 7-15 Juli 2024 kepada tiga balonkada di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada (18/7/2024). 

Kordinator PRC NTB, Azhar Efendi memaparkan jika hasil survei yang dilakukan lembaga tersebut menempatkan Fud Syaifuddin- Aheruddin  paling tinggi dari semua aspek dengan elektabilitas mencapai 40, 4 persen.  

Pada urutan kedua, ada Balonkada Amar Nurmansyah - Hanifah W Musyafirin mencapai 24,0 persen dan di urutan buncit M. Nusyasin -Sudarman di angka 11,4 persen.

"Tingginya angka survei bagi pasangan Fud Syaifuddin-Aheruddin (Fas Mo) diakibatkan karena tingkat kepuasan dari masyarakat KSB terhadap kepemimpinan Musyafirin - Fud Syaifuddin yang mampu membawa KSB menjadi kabupaten kaya di NTB," beber Azhar Efendi 

PRC juga membuat Skema pemilihan dengan pertanyaan jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di lakukan hari ini di KSB, maka angka tertinggi juga di tempati oleh Fud Syaifuddin dengan tingkat keterpilihan mencapai 38 persen di ikuti oleh  Amar Nurmansyah dengan perolehan 23, 3 persen dan Nur Yasin 10, 3 persen. 

"Trand ini terjadi karena Fud Syaifuddin merupakan calon incumbent yang maju pada pilkada KSB, sehingga tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat cendrung meningkat" terang Azhar 

Azhar juga merinci tingkat kepuasan publik terhadap janji politik selama menjadi Wakil Bupati mendampingi H. W Musyafirin juga menunjukan trend yang bagus, dari berbagi sektor mulai dari pertanian, perdagangan UMKM, pertambangan dan sektor lainnya angkanya sekitar 55,5 persen. Hal ini menunjukan sebagian besar janji politik dari berbagai sektor itu telah ditunaikan.

"Tingkat kepuasan publik pada sektor ini menunjukan trand yang sangat positif, rata-rata masyarakat mengaku puas dengan kinerja mereka," ungkap 
Azhar 

Lebih lanjut Azhar menuturkan, survei mereka melibatkan 800 responden, dengan Gap di bawah 1 persen di semua kecamatan. Survei ini juga menggunakan sistem random sampling dengan melakukan cek and ricek kembali setelah tim survei turun ke responden dilakukan baik via telpon atau dengan tatap muka untuk memastikan akurasi data yang di dapatkan. Dalam survei ini tingkat akurasinya mencapai 95 persen dengan tingkat erornya mencapai 3,4 persen. 

"Kami melakukan cek and ricek kembali setelah tim melakukan survei di lapangan untuk memastikan tingkat akurasi yang tinggi," pungkas. 

Editor : Edy Irawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut