get app
inews
Aa Read Next : 7 Hari Pencarian Hasil Nihil, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Dokter Wisnu

Ciptakan Tablet Turunkan Kematian Covid-19, Mahasiswa Unsoed Raih Silver Medal Ajang Glocolis

Senin, 18 April 2022 | 13:40 WIB
header img
Tim mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto meraih Silver Medal dan spesial award dari Malaysia Innovation Invention and Creativity Association (MIICA) pada ajang lomba internasional Global Competition of Life Science (Glocolis) 2022 di Surabaya.

Menurutnya, tim menciptakan EFFERCOPS  atau Antidiabetic Effervescent Coprinus comatus in Reducing The Risk of COVID-19 Comorbidity.

“Effercops merupakan tablet effervescent praktis untuk penderita diabetes yang merupakan komorbid utama Covid-19. Bahan utama produk ini yaitu jamur Coprinus comatus atau dengan nama lokal jamur paha ayam. Jamur ini termasuk dalam jamur pangan dan obat. Jamur ini terbukti memiliki aktivitas antioksidan dan hipoglikemik sehingga dapat digunakan sebagai antidiabetes. Tablet ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat Covid-19 pada pasien diabetes di Indonesia,”jelasnya.

Menurut Zaidan, riset tersebut dingkat setelah melihat tingginya kasus Covid-19, dan berdasarkan laporan kemenkes, risiko kematian tertinggi salah satunya pada pasien yang memiliki komorbid yaitu sebanyak 45%. 

“Komorbid terbanyak yang ditemukan pada pasien meninggal adalah diabetes melitus. Komorbid ini dapat memperparah gejala penyakit covid hingga menyebabkan meninggal dunia. Harapan kami produk ini bisa dapat dikembangkan lagi sehingga kebermanfaatannya bisa diperluas lagi,”jelasnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut