LOMBOK, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), melanjutkan kegiatan sosialisasi Sadar Wisata 5.0 di 6 destinasi prioritas pariwisata yang berlangsung selama dua hari, Selasa (16/5/2023) dan Rabu (17/5/2023).
Sosialisasi tersebut digelar di 8 Desa Wisata yang ada di wilayah Lombok Tengah dan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berfokus pada peningkatan kapasitas para pelaku dan penggerak pariwisata.
Pada kesempatan sebelumnya, Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, bahwa saat ini terdapat 4.500 lebih desa wisata yang telah memiliki kelengkapan dan terdaftar di Jaring Desa Wisata (Jadesta) yang dibina Kemenparekraf.
Ia pun mendorong berbagai pihak untuk melaksanakan program pemberdayaan, termasuk melalui Program Kampanye Sadar Wisata 5.0, karena desa wisata terbukti menciptakan peluang peningkatan kesejahteraan bagi warga.
"Dengan lebih dari 4.500 Desa Wisata ini, silahkan disentuh dengan program-program yang memberdayakan peningkatan kesejahteraan. Karena desa wisata terbukti menjadi pemenang pandemi yang bisa menciptakan banyak peluang usaha, pembukaan lapangan kerja serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan target 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru," ucap Sandiaga Uno.
Editor : Edy Irawan
Artikel Terkait