Diduga Korsleting Listik, Satu Unit Rumah di Rabadompu Barat Terbakar Hebat

Edy Irawan
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:25 WIB
Kebakaran satu unit rumah di Rabadompu Barat, Kota Bima, NTB. (Foto/wan)

BIMA, iNews.id - Sebuah rumah permanen di Kelurahan Rabadampu Barat, Kecamatan Raba, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar hebat pada Sabtu (30/07/2022) sekitar pukul 01.00 wita. 

Seluruh isi rumah ludes dilahap si jago merah. Besarnya kobaran api, membuat warga tak mampu menyelamatkan barang berharga.

Sementara pemilik rumah, Anjas (40) yang diketahui cacat pada kakinya akibat kecelakaan, hanya bisa pasrah saat melihat rumahnya terbakar. 

Kebakaran yang terjadi di RT 01/ RW 01, Lingkungan Temba, Rabadompu Barat ini diduga akibat hubungan arus pendek listrik. 

"Sekitar 10 menit saya masuk rumah hendak tidur, namun terlihat ada percikan api yang jatuh mengenai tempat tidur di kamar bagian selatan. Sempat saya siram dengan air dibotol, saya kira sudah mati ternyata bagian bawah tempat tidur apinya belum padam," kata Anjas saat dikonfirmasi Sabtu pagi. 

Tak lama berselang, lanjutnya, api pun semakin membesar hingga Anjas yang tinggal seorang diri panik dan berusaha merayap keluar rumah sambil teriak minta tolong. 

Warga tetangga yang mendengarnya berusaha menyelamatkan pemilik rumah ke tempat yang lebih aman, sebelum akhirnya tiga unit mobil pemadam kebakaran terjun ke lokasi untuk memdamkan api. 

"Sepertinya ada kabel tua yang terbakar. Sebab api terlihat juga dari atas selain bersumber dari tempat tidur saya," ucapnya. 

Api dapat dipadamkan setelah 1 jam lebih setelah upaya petugas pemadam kebakaran dan dibantu warga yang berhasil menghalau kobaran api yang hendak merembet ke rumah warga lainnya. 

Belum diketahui kerugian yang disebabkan kejadian ini, namun ditaksir sekitar ratusan juta hingga 1 miliar rupiah. 

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini