Wali Kota Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik di KDI Semarang, KDI 2023 Kota Bima Tuan Rumah

Edy Irawan
.
Jum'at, 23 September 2022 | 00:18 WIB
Wali Kota Bima HML saat menerima plakat penghargaan dari Komisaris Utama Asia Holding Tbk, Agung Firman Sampurna. (Foto/wan)

SEMARANG, iNewsBima.id - Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi kembali meraih penghargaan terbaik sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 di Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (22/9/2022) malam. 

Penghargaan yang diraih Kota Bima dari kategori Pelayanan Publik dengan aplikasi Sistem Informasi Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan dan Anak (SIRAPP).

Muhammad Lutfi menerima langsung plakat anugerah tersebut karena dinilai sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang telah memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Kegiatan yang diinisiasasi oleh MNC Portal Indonesia (MPI) yang  ke-9 sejak 2014 lalu,  mengangkat tema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0.

Selain itu, program Kepala Daerah Inovatif (KDI) ini juga dapat memberikan ruang bagi kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Selain Wali Kota Bima, terdapat 30 kepala daerah lainnya yang dianggap berinovasi dalam memajukan daerah yang dipimpinnya. Rinciannya, tujuh gubernur, 16 bupati dan tujuh wali kota se indonesia. 

Terlihat, penyerahan penghargaan kepada Wali Kota Bima diberikan oleh Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk, Agung Firman Sampurna dan disaksikan oleh Menteri Desa A. Halim Iskandar. 

Ada beberapa kategori penilaian yang diberikan, yaitu kategori pelayanan publik, kategori pendidikan, kategori ekonomi, dan kategori pariwisata.

Sebagai informasi, KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Percepatan pembangunan daerah adalah kunci kemajuan negara, dari daerah untuk Indonesia. Dan media massa mempunyai kewajiban untuk ikut mendorong lahirnya pemimpin bangsa yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

KDI digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kedua, di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015. Sedangkan pada 2016 dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat lalu tahun berikutnya yakni 2017 dilangsungkan di Jakarta. Pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Lalu pada 2019 di Padang, Sumatera Barat. Sedangkan pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi. 

"Pada 2022 ini KDI digelar Semarang, Jawa Tengah dan tahun 2023 rencananya akan digelar di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat," kata Agung Firman Sampurna, diakhir acara KDI ke-9 di kuil Sam Poo Kong.  

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini