get app
inews
Aa Read Next : Diduga Korsleting Listrik, 13 Rumah Warga di Sape Bima Ludes Terbakar

Kebakaran Hutan dan Lahan Pegunungan, Kapolsek Kilo: Sengaja Dibakar Warga Usai Panen

Senin, 05 Juni 2023 | 12:01 WIB
header img
Kapolsek Kilo dan Anggotanya saat berusaha memadamkan api di kawasan hutan dan lahan. (Foto: iNewsBima.id)

DOMPU, iNews.id - Jajaran Polsek Kilo Polres Dompu Polda Nusa Tenggara Barat, berhasil memadamkan api yang terbakar di pegunungan So Wila Desa Keramat, Kecamatan Kilo. 

Kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (04/6/2023) sekitar pukul 15.30 wita, dan dapat dipadamkan selama 3 jam, setelah sejumlah anggota Polsek Kilo yang dipimpin langsung Polsek Kilo, Ipda Eka Farman, berjibaku dengan menggunakan peralatan seadanya. 

Menurut Kapolsek, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu bermula diketahui berdasarkan hasil temuan melalui aplikasi Lancang Kuning dari Polda NTB. 

Berkat aplikasi Lancang Kuning, Polda NTB langsung berkoordinasi dengan Polres Dompu, lalu menindaklanjuti ke Polsek Kilo. 

Saat terjun ke lokasi, Polsek Kilo Eka Farman, memastikan jika kebakaran hutan dan lahan tak lain ada unsur kesengajaan dari masyarakat yang ingin membersihkan lahan tersebut usai panen jagung.  

"Kebakaran tersebut bersumber dari kegiatan masyarakat yang membersihkan ladang jagung usai panen," ungkap Kapolsek, saat konfirmasi Senin (05/6/2023). 

"Alhamdulillah, hampir 3 jam aksi, berkat kekompakan seluruh personil, sejumlah titik api dapat dipadamkan dengan menggunakan ranting pohon yang masih muda," tegasnya. 

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut