Logo Network
Network

Pandemi Mulai Normal Jumlah TKI Asal Bima Meningkat

Edy Irawan
.
Kamis, 20 Januari 2022 | 12:18 WIB
Pandemi Mulai Normal Jumlah TKI Asal Bima Meningkat
Kepala Bidang LTSA Disnakertrans, Ruvaidah saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. (Foto/ Bob).

BIMA, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang kini sudah berangsur normal, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, kembali disibukan dengan meregistrasi Tenaga Kerja Indonesia. 

Tercatat, pada bulan Januari 2022 ini saja, sebanyak 93 orang TKI asal Kabupaten Bima telah teregistrasi di Dinas tersebut melalui Bidang Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPPMI).

Menurut Kepala Bidang LTSA, Jumlah yang mendaftar ini terbilang normal jika dibanding saat pandemi Covid-19. Diperkirakan hingga akhir Januari kedepan, jumlah TKI teregister bisa mencapai seratusan lebih orang. 

"Pertanggal 20 Januari 2022 ini, sudah 93 orang yang telah teregister. Jumlah ini dipastikan akan bertambah pada akhir bulan nantinya,"kata Kabid LTSA Disnakertrans Kabupaten Bima, Ruvaidah, saat dikonfirmasi pada Kamis (20/1/2022) di ruang kerjanya. 

Jika dibanding pada tahun sebelumnya yakni tahun 2020 dan tahun 2021 saat masa pandemi, Lanjutnya, jumlah TKI teregistrasi sangatlah minim. Seperti tahun 2020 jumlahnya 479 orang, dan begitu pula di tahun 2021 jumlahnya hanya 344 orang. 

"Sebelum pandemi yakni di tahun 2019 lalu, jumlah TKI asal Kabupaten Bima cukup tinggi yang teregistrasi yakni sebanyak 2065 orang. Tentu dengan kondisi yang sudah mulai normal pasca pandemi ini, pahlawan devisa akan lebih meningkat menuju beberapa negara tujuan,"tuturnya. 

Follow Berita iNews Bima di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini