get app
inews
Aa Read Next : Lima Hari Pencarian, Jasad ABK Korban Kapal Tangker Terbakar Dievakuasi Tim SAR

Kesal Perusahaan Tambang Emas Tak Adil, Warga Hadang Alat Berat Milik PT Sumbawa Timur Mining

Selasa, 22 Februari 2022 | 23:52 WIB
header img
Kendaraan pengangkut alat berat milik PT STM dihadang masyarakat tolak tambang. (Foto: Sahrul)

DOMPU, iNews.id - Puluhan pemuda yang mengatasnamakan dirinya Front Masyarakat Tolak Tambang Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), menghadang dua unit kendaraan tronton yang mengangkut alat berat milik PT Sumbawa Timur Mining (STM), pada Selasa (22/2/2022) malam sekitar pukul 22.00 wita. 

Aksi penghadangan ini berlangsung tepat di cabang Terminal Ginte, Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, yang dilakukan warga sebagai bentuk kekecewaan terhadap pihak PT. STM yang merekrut tenaga kerja hanya bagian wilayah Kecamatan Hu'u. 

Menurut koordinator Rakyat Tolak Tambang, Romo Sasultan menegaskan, bahwa aksi penghadangan sengaja dilakukan untuk mendesak Perusahaan Tambang Emas tersebut agar bersikap profesional dalam perekrutan tenaga kerja lokal. 

"Selama ini PT STM hanya mengrekrut masyarakat bagian Kecamatan Hu'u saja sebagai tenaga kerja lokal," ungkapnya saat ditanya oleh media iNewsBima.id di lokasi penghadangan.  

Ia menyesalnya, seharusnya managemen Perusahaan Tambang dapat merekrut tenaga kerja lokal secara terbuka dan memberi peluang untuk keseluruhan masyarakat di 7 Kecamatan di Kabupaten Dompu. 

"Jangan hanya masyarakat Kecamatan Hu'u saja yang direkrut. PT STM itu harus menunjukan sikap adil, dan tak boleh pilih bulu begitu," kesalnya. 

Sebagai perusahaan tambang emas yang lumayan lama beroperasi di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, lanjutnya, setidaknya dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah dan masyarakat secara keseluruhan. 

Dalam hal ini Romo berharap, adanya keterbukaan informasi lowongan tenaga kerja untuk masyarakat pribumi guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat daerah penghasil tambang. 

"Pertanyaannya, selama perusahaan ini beroperasi, kontribusi apa yang dirasakan oleh masyarakat Dompu yang diluar dari Kecamatan Hu'u," pintanya.

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut