get app
inews
Aa Read Next : Refleksi Diri dan Inovasi Kemenkumham di Hari Jadi ke-78

Imigrasi Bima Gelar Rapat Timpora Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi Pengawasan Orang Asing

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:04 WIB
header img
Fajar Yulianto saat memberikan kata sambutan pada rapat Timpora tingkat Kabupaten Bima. (Foto: iNewsBima)

BIMA, iNews.id - Perkuat sinergitas dan kolaborasi antar instansi dalam pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bima Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kabupaten Bima, Rabu (24/7/2024). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh stakeholder terkait yang memiliki tugas dan fungsi berkaitan dengan pengawasan orang asing di Aula Hotel Mutmainnah Bima.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bima, Muhammad Usman yang diwakili Kasubsi TI-Inteldakim, Fajar Yulianto menegaskan, bahwa rapat yang dilaksanakan tak lain untuk memperkuat sinergitas dan kolaborasi Timpora dalam mengoptimalisasi pengawasan orang asing. 

Disamping itu, Fajar juga menjelaskan, tugas pengawasan orang asing bukan hanya pada Imigrasi saja, melainkan juga ada sejumlah instansi pemerintahan yang memang memiliki peraturan dalam pengawasan tersebut.

"Ada peraturan yang memang masing-masing instansi bisa melaksanakan hal tersebut, sehingga wewenang untuk pelaksanaan pengawasan orang asing adalah tugas kita bersama," terang Fajar Yulianto dalam sambutannya. 

"Dalam situasi pergeseran trend pergerakan orang/ manusia lintas negara yang semakin tinggi dengan berbagai macam kepentingan dan motivasi, harus diikuti dengan peningkatan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing oleh semua pemangku kepentingan yang memiliki tugas dan fungsi," lanjutnya. 

Ia berharap, pengawasan terhadap orang asing haruslah dengan mengedepankan kerjasama dan sinergitas antar Institusi. Dari semua itu, Fajar mengambil istilah latin "Facta sunt potentiora verbis" tindakan nyata lebih penting daripada kata-kata. 

"Untuk itu mari kita wujudkan sinergitas dan kolaborasi bukan hanya sekedar kata-kata," pungkas Kepala Subseksi TI-Inteldakim Kantor Imigrasi Bima, Fajar Yulianto.

Sebelum memberikan kata sambutan, Fajar Yulianto yang mewakili Kakanim Bima M. Usman membuka secara resmi rapat Timpora wilayah Kabupaten Bima. 

Editor : Edy Irawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut