Kebakaran Pemukiman Padat, 53 Rumah Warga Desa Renda Bima Ludes Terbakar

Edy Irawan
.
Minggu, 01 Mei 2022 | 09:49 WIB
Kebakaran 53 Rumah Warga Desa Renda, Kecamatan Belo, Bima NTB. (Foto: ewn)

BIMA, iNews.id - Kebakaran hebat melanda kawasan padat penduduk di Desa Renda, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (30/4/2022).  

Tercatat, sebanyak 53 rumah panggung dan rumah permanen milik warga di RT 11 dan RT 07 desa setempat ludes terbakar dilahap si jago merah dalam waktu seketika. 

Besarnya angin saat kebakaran terjadi menyebabkan api cepat merambat ke rumah warga lainnya. Diduga api bersumber dari rumah Jamaludin di RT 11, yang kini rumahnya pun telah rata dengan tanah. 

"Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Namun dugaan sementara, hubungan arus pendek listrik dan kebakaran diduga bersumber dari kompos di dapur," kata Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Bima, Nurul Huda saat dikonfirmasi pada Minggu (01/5/2022) siang. 

Saat kebakaran terjadi kepanikan warga terlihat. Dengan peralatan seadanya, mereka berusaha sekuat tenaga untuk memadamkan api yang sedang berkobar hebat. 

Api dapat dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Bima, dan dibantu 2 unit mobil damkar milik Pemerintah Kota Bima dikerahkan ke lokasi. 

Hingga Minggu siang, kini pihak Pemerintah Desa Renda dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bima, masih mendata kerugian warga yang disebabkan musibah kebakaran ini. 

"Sesuai instruksi Bupati, kami akan segera melakukan kaji cepat dan pendataan bersama aparat terkait dari Dinas Sosial, Camat Belo dan Kepala Desa. Sejak kemarin, para korban telah disediakan nasi bungkus untuk makan malam dan berbuka puasa. Pagi tadi melalui Dinas Sosial, telah mengoperasikan dapur umum untuk kebutuhan para korban bencana ini," pungkasnya. 

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini