get app
inews
Aa
Read Next : Naikin Omzet Usaha Gak Pake Lama? Gampang Kok Caranya

Wirausaha Muda Mandiri 2022 Wujudkan Impian Kamu Jadi Pengusaha, Dapat Hadiah Miliaran Rupiah

Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:56 WIB
header img
Kabar Gembira! Wirausaha Muda Mandiri 2022 Sudah Dibuka, Buruan Cek Kategori dan Mekanismenya (Foto : Istimewa)

     2. Kreatif

Kesenian dan Budaya Pengusaha dengan produk bisnis yang mengangkat unsure seni dan budaya, serta diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini adalah perajin barang kebutuhan rumah tangga, jasa interior design, pelaku seni, sanggar tari/ budaya/ musik/ seni rupa teater, penggerak kesenian lokal, bidang usaha lainnya yang bisa memenuhi kriteria.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha Kesenian dan Budaya adalah event organizer, penyedia jasa alat kesenian, reseller produk kesenian.

Fashion Label Pengusaha dengan produk bisnis fesyen yang diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya segala jenis butik, galeri, department store, pencipta dan pemilik brand fesyen dengan skala industri dan lebih bersifat multi produk, pengusaha fesyen yang menjual pakaian sebagai brand utama, pengusaha turunan fesyen.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha Fashion Label adalah Penjual produk fashion bekas (thrift).

Entertainment Pengusaha yang bergerak di bidang entertainment, baik secara digital maupun konvensional. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya youtuber, podcaster, production house, band music teater, penggerak kesenian daerah, sanggar tari dan budaya, promotor, Bidang usaha lainnya yang memiliki unsure hiburan sebagai produk

3. Teknologi

Digital Apps Pengusaha dengan produk bisnis jasa layanan berbasis aplikasi digital diciptakan secara original dan  memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya web designer, brokerage/ marketplace, gaming application, business application, lifestyle application, usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek Digital Apps, produk sudah go live di publik selama minimal 1 tahun, sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Sedangkan persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha Digital Apps  adalah aplikasi yang diperuntukan untuk internal, bukan untukmasyarakat.

InovasiTeknologi Pengusaha dengan inovasi dari produk atau proses baru atau yang ditingkatkan dengan karak teristik teknologinya sangat berbeda dari sebelumnya. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya web designer, robotic innovation, digital assistance, wearable technology, virtual reality (VI) experience, usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek Inovasi Teknologi, produk sudah go live di publik selama minimal 1 tahun, dan Sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

4. Sosial

Sosial Lingkungan Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan, ekonomi sirkular, pemberdayaan masyarakat dan membangun afiliasi dengan pemerintah. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya pemanfaatan energi alternatif/ terbarukan usaha, padat karya, pemberdayaan kaum marginal, mitra penyuluhan program pemerintah, pembibitan pelestarian alam teknologi, pangan, teknologi peternakan dan pertanian teknologi, pemanfaatan hasil bumi, usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek Sosial Lingkungan, memiliki dampak positif secara sosial/ lingkungan.

Jasa Sosial Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek yakni jasa yang meliputi pemberdayaan sosial dan pemenuhan kebutuhan masyarakat,  dan pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma pada masyarakat. Adapun jenis jenis usaha yang termasuk dalam kategori ini di antaranya usaha padat karya, lembaga pemberdayaan kompetensi masyarakat pusat, pelatihan keterampilan (formal/non formal), usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek jasa usaha sosial, memiliki dampak positif secara sosial/lingkungan.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut