Dugaan Menyalahi Izin Tinggal, Imigrasi Bima Tetapkan Seorang WNA sebagai Tersangka

Edy Irawan
Imigrasi Bima saat menggelar konferensi pers terkait penetapan tersangka WNA. (Foto: iNewsBima.id)

BIMA, iNews.id - Satu dari 5 Warga Negara Asing (WNA) yang diamankan Kantor Imigrasi Kelas 3 Non TPI Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan ditetapkan tersangka setelah melakukan serangkaian penyelidikan.

Kelima WNA tersebut terinisial YWH pria 57 tahun asal Taiwan, ZY wanita 51 tahun asal Tiongkok, WW wanita 55 tahun asal Tiongkok , CCC pria 55 tahun asal Taiwan, dan LCW wanita 58 tahun asal Taiwan.

"Dari hasil penyidikan penyidik Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, salah seorang WN asal Taiwan akan ditetapkan sebagai tersangka," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Bima, Muhammad Usman, saat Konferensi Pers pada Senin (11/12/2023).

Menurut Kakanim, terkait kasus tersebut, pihaknya telah memeriksa sebanyak 12 saksi yang diantaranya 5 dari WNA dan 7 WNI termasuk menghadirkan dari berbagai ahli seperti ahli digital forensik, ahli bidang keimigrasian dan ahli hukum pidana.

Terhadap 5 WNA, Imigrasi Bima telah menyita sejumlah barang bukti yang diantaranya handphone dan paspor. Dari barang bukti yang disita dan keterangan para saksi, penyidik telah mengantongi alat bukti  yang cukup sehingga mengarah pada pelanggaran pidana yakni dugaan tindak pidana keimigrasian dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal.

"Setelah penetapan tersangka dikeluarkan, maka salah seorang WNA itu akan dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas llb Raba Bima. Pada intinya, saat ini kami terus berkoordinasi dengan pihak yudikatif baik Polres Bima Kota maupun Kejaksaan Negeri Bima," tuturnya.

Editor : Edy Irawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network