5 Rumah Warga Bima di Kawasan Padat Penduduk Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

Yasin Arfan
.
Jum'at, 16 September 2022 | 12:13 WIB
Saat kebakaran 5 unit rumah warga Desa Tolo Uwi Kecamatan Monta, Kabupaten Bima. (Foto: fen)

BIMA, iNews.id - Kebakaran kembali kerjadi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lima rumah warga di pemukiman padat, Desa Tolo Uwi, Kecamatan Monta, terkabar hebat Jumat (16/9/2022) dini hari.

Kebakaran ini diduga akibat ledakan kompor gas dari salah satu rumah warga yang diketahui bernama Alamsyah. Api cepat merambat ke rumah warga lainnya lantaran disertai angin kencang. 

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun dipastikan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. 

"Dari lima rumah yang terbakar, 3 diantaranya rumah panggung telah rata dengan tanah. Sementara dua rumah lainnya mengalami rumak ringan," kata Plt Kadis Damkar Kabupaten Bima Ishaka, saat diwawancarai Jumat siang. 

Berdasarkan keterangan warga, lanjutnya, kobaran api mulai nampak terlihat sekitar pukul 00.20 Wita disaat warga lainnya banyak yang terlelap.

Sontak, warga berhamburan keluar rumah dan berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 02.00 wita. 

"Meski tidak ada korban jiwa, selain rumah dan isinya, juga tercatat 1 unit traktor, 1 unit mobil penggilingan jagung, 2 unit sepeda motor dan barang-barang lainnya ikut ludes terbakar," ungkap warga Tolo Uwi, Salahudin.

Untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran ini, tim Identifikasi Polres Bima telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sementara itu, pihak BPDB Kabupaten Bima masih mendata jumlah kerugian yang disebabkan kejadian ini. 

Editor : Edy Irawan
Bagikan Artikel Ini