get app
inews
Aa Read Next : 7 Hari Pencarian Hasil Nihil, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Dokter Wisnu

Dugaan Kecurangan Pemilu di Lobar, Aktivitas dan Mahasiswa Ancam Bangun Gerakan Massa

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:40 WIB
header img
KPU Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Zakir)

Sementara, Aditya Sukma Putra, seorang mahasiswa pasca sarjana dari aliansi mahasiswa Lobar Jogja  juga angkat suara setelah  menemukan banyak indikasi kecurangan saat mengawasi proses perhitungan suara di Kecamatan Kediri-Labuapi.

“kami  minta TPS-TPS yang mencurigakan untuk dibuka kembali. Kami juga meminta PPK, Bawaslu, dan KPU untuk lebih kooperatif dan transparan dalam bertanggung jawab atas hasil perolehan suara,” katanya.

Menurut Adit, ada beberapa TPS yang hasilnya tidak sesuai dengan c salinan atau c hasil yang dimiliki oleh saksi-saksi dari calon atau partai. Ia khawatir hal ini akan berdampak pada penggelembungan atau manipulasi data dalam penyelenggaraan pemilu.

“Ini sangat merugikan calon dan partai yang bersaing, apalagi yang keunggulannya tipis. Intinya, kami minta keadilan dan kebenaran dalam pemilu ini,” tegasnya.

Direktur Lembaga Edukasi dan Advokasi Hukum Indonesia, Hariadi Rahman, mengingatkan KPU Lombok Barat (Lobar) khususnya para PPK wilayah Kecamatan Labuapi, untuk lebih  berhati-hati selama proses pleno berlangsung.

Hal ini disampaikan ketua lembaga tersebut, menyusul adanya beberapa temuan yang indikasinya mengarah ke perbuatan curang, terhadap salah satu calon legislatif nomor urut 5 dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dapil 3, Pauzul Bayan.

"KPU sesuaikan saja dengan aturan yang berlaku, Kami  selaku lembaga akan mengambil langkah hukum pidana dan perdata," tegas  Hariadi, Rabu (21/02).

Editor : Edy Irawan

Follow Berita iNews Bima di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut