Kunker di Kantor Cabang PT CPI, Kepala UPTBP2MI NTB: PJTKI Seperti ini Pantut Dicontohi

Edy Irawan
.
Jum'at, 11 Februari 2022 | 00:03 WIB
Kepala UPTBP2MI wilayah NTB saat Kunker di PJTKI PT CPI Cabang Bima. (Foto: ewn)

BIMA, iNews.id - Salah satu Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia yakni (PJTKI) PT Citra Putra Indarab (CPI) Cabang Bima dikunjungi oleh Kepala Unit Pelaksana Teknik Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UPTBP2MI) wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Abri Danar Wibawa beserta rombongannya. 

Dalam kunjungan kerjanya pada Kamis (10/2/2022), Abri memantau seluruh kelayakan dari Kantor Cabang PT CPI tersebut sebagai agen penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang legal. 

Diakuinya, PT CPI tak hanya saja sebagai penyalur TKI namun juga perusahaan ini sebagai wadah Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN), dimana para TKI asal Bima NTB mendapatkan pelatihan yang matang sebelum diberangkat ke negara tujuan masing-masing. 

"Diharapkan semua PJTKI dapat mengikuti jejak dari PT CPI. Sebab, banyaknya persoalan yang terjadi akibat minimnya pemahaman TKI yang diberangkan ke luar negeri. Jadi, mereka harus mendapat pelatihan yang matang sebelum diberangkatkan ke negara tujuan masing-masing dari TKI itu sendiri," kata Abri, dihadapan Direktur Utama (Dirut) PT CPI, Livian Asnawiyah, yang kebetulan berkunjung ke perusahaan cabangnya di jalan Gajahmada Nomor 9 Kelurahan Monggonao, Kecamatan Mpunda, Kota Bima

Tak hanya itu, Abri juga menyanjung akan lengkapnya sarana serta prasarana yang tersedia dimiliki PT CPI, sehingga dapat dikatakan sebagai agen yang layak merekrut para TKI maupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang mau ke luar negeri. 

Dalam kunjungannya pula, Abri menyimak langsung tentang tata cara pelatihan kerja bagi TKW yang sudah teregister seperti pelatihan dalam mengurus rumah tangga. 

"Agen seperti ini yang seharusnya dapat dicari oleh TKI atau TKW yang ingin ke luar negeri. Bukan karena perusahaan lain tidak legal, namun kelengkapan serta ketersediaan sarana yang dapat dilihat sehingga menjamin keberhasilan bagi para TKI saat bekerja di luar negeri," jelasnya.  

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini