Logo Network
Network

Mahasiswa Itera Lampung Ciptakan Mobil CEPOV Itera-1 Berbahan Minyak Sawit 

Antara
.
Minggu, 27 Maret 2022 | 12:06 WIB
Mahasiswa Itera Lampung Ciptakan Mobil CEPOV Itera-1 Berbahan Minyak Sawit 
Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi meluncurkan mobil desa berbahan bakar minyak sawit murni (Antara)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) menciptakan mobil berbahan dasar minyak sawit murni. Mobil desa karya mahasiswa Itera ini diberi nama Combustion Engine Palm Oil Vehicle atau CEPOV Itera-1.

"CEPOV Itera-1 yang dibuat oleh tim dosen dan mahasiswa program studi teknik mesin dengan memanfaatkan minyak nabati sebagai bahan bakar untuk menggantikan bahan bakar fosil," kata Rektor Itera Mitra Djamal IPU, Sabtu (26/3/2022).

Djamal menambahkan, CEPOV Itera-1 yang dirakit sejak November 2021. Mobil ini dirancang sesuai kebutuhan aktivitas masyarakat desa sebagai mobil tangguh pengangkut hasil bumi, sehingga diharapkan kelak dapat membantu para petani.

Mobil bak terbuka (pikap) ini dibekali dengan motor diesel berkapasitas 7.5 hp yang telah dimodifikasi. Mobil ini mampu beroperasi dengan kecepatan antara 20-50 km/jam.

"Di Sumatera ini basis masyarakat desa petani, jadi mobil ini dibuat agar mobilitas mereka lebih tinggi karena mereka tidak perlu lagi ke luar untuk cari bensin atau solar, karena dengan kelapa sawit yang dihasilkan sebagian bisa untuk bahan bakarnya," kata dia.

Dia menambahkan, ke depan Itera pun akan menyempurnakan kendaraan ini dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah ataupun pihak industri guna mengembangkan CEPOV-Itera-1 ini.

Follow Berita iNews Bima di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini