get app
inews
Aa Read Next : Kabur dari Rutan Bima Usai Sidang , DPO Narkoba Ini Ditangkap Bersama Istrinya di Kalimantan

Kejari Bima Hentikan Dua Perkara Melalui Restoratif Justice

Jum'at, 09 Juni 2023 | 13:49 WIB
header img
Kejaksaan Negeri Bima telah menghentikan penuntutan hukum terhadap dua perkara berdasarkan keadilan restoratif atau restorative justice (RJ). Foto: Ist

Akhirnya, tersangka dan korban dipertemukan setelah Jaksa Fasilitator, yaitu I Made Adi Estu Nugrahan dan Agus Kurnia Sandy, melakukan upaya perdamaian pada tanggal 29 Mei 2023 di Kantor Kejaksaan Negeri Bima.

"Melalui pertemuan semua pihak tersebut, diperoleh hasil dengan adanya Kesepakatan perdamaian tanpa syarat yang ditandatangani oleh para pihak dan disaksikan oleh Ketua RT setempat dan Tokoh Masyarakat. Para pihak menyadari bahwa perbuatan tersangka bukanlah niat/kesengajaan, melainkan sebuah cobaan dan musibah bersama sehingga mereka membuka hati untuk saling memaafkan," ungkap Oktaviandi.

Oktaviandi menjelaskan bahwa alasan penghentian penuntutan berdasarkan restoratif justice adalah karena Arahman telah beritikad baik dengan memberikan uang kompensasi untuk pengobatan. 

Ia merupakan tulang punggung keluarga yang kurang mampu dan ini adalah kali pertama ia melakukan tindakan pidana serta belum pernah dihukum sebelumnya.

Masuk ke perkara kedua, tersangka bernama Ikrawan Saputra terbukti melanggar Pasal 480 ayat (1) KUHP tentang penadahan barang curian. Ikrawan diketahui menjual handphone curian yang dimiliki oleh adiknya.

"Tersangka menjual handphone hasil curian adiknya dan mendapatkan bagian sebesar Rp 50 ribu, kemudian uang tersebut digunakan oleh tersangka untuk membelikan susu dan pempers anaknya. Ini adalah kali pertama tersangka melakukan tindak pidana," tambah Oktaviandi.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut